Ketikan di Uji tidak punya uang - Mungkin sebagian orang atau bahkan pasti setiap orang merasakan atau mengalami hal ini, khususnya kita sebagai kalangan bawah dan keturunan orang biasa saja.

Pernahkan anda diuji dengan ketidak adaan harta? Alias bokek paceklik dan lain sebagainya? Nah sebenarnya itu ujian.

Apalagi sebelum diuji seperti ini kita pernah merasakan mudahnya mencari uang dan hidup berkecukupan.

Seperti yang saat ini saya alami adalah tidak punya banyak uang, alias mepet untuk memenuhi kebutuhan bulan depan, karena sudah hampir 4 bulan tidak gajian dan baru terasa itu 4 bulan setelah saya tidak pernah gajian.

Sebenarnya bagi saya sendiri atau kebutuhan saya sendiri itu tidak banyak, andaikan saya hidup mandiri itu sudah cukup, yang membuat saya merasa diuji dengan tidak punya uang yaitu karena saya merasa memiliki tanggung jawab untuk membiayai orang dll.

Pengeluaran saya tiap bulan itu meliputi bayar listrik, bayar internet, biaya sekolah untuk orang tidak mampu dan biaya kebutuhan hidup yang saya berikan kepada orang tua saya.

Diatas itulah kebutuhan wajib saya tiap bulannya, karena saya tidak memiliki hutang atau barang kreditan saya tidak bingung dan pusing untuk memikirkan bayar cicilan yang membuat pikiran tidak tenang itu.

Kembali ke topik, lalu apa yg membuat saya merasa tidak punya uang? Yaitu banyak orang yang datang ke saya untuk meminjam uang, disinilah letak kebingungan saya untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya ini bisa dibilang masalah juga bisa dibilang tidak, itu tergantung saya sendiri.

Sebelumnya saya memang terpandang sukses dimata orang sekeliling saya, dan saya sering membantu dan memberi hutang dll, saya juga sering membeli barang-barang mahal, nah dari mulut kemulut inilah mungkin orang disekeling/yang kenal saya semakin tau keadaan saya yang serba kecukupan sehingga mereka yang kesusahan dalam bidang ekonomi ingin berhutang kepada saya.

Ketika waktu saya sebelum seperti ini saya akan biasa saja dan pasti akan membantu, karena saya punya motto/keyakinan harta benda adalah titipan dan saya ingin punya harta banyak untuk membantu orang lain, itulah keinginan saya.

Namun ketidak keadaan saya seperti saat ini saat artikel ini saya tulis saya hanya memegang uang 500rb saja, dan pada keadaan seperti ini malah semakin banyak orang atau keluarga yg ingin meminjam dan lain-lain, akupun kebingung untuk menjawab ketikan mereka mendatangi saya untuk meminta bantuan tersebut, jika saya bilang tudak punya uang mereka tidak percaya.

Nah masalah seperti ini akan membuat kita berpikir lebih dalam lagi untuk mengatasi masalh seperti ini.

Yuk kita atasi masalahnya.

Disini saya akan mengatasi masalah saya sendiri dengan cara sepeti berikut ini.

1. Jual barang yg tidak dipakai

Saya akan memilah beberapa barang yang cukup berharga saya dan akan saya jual untuk mencukupi kebutuhan bulanan, ini tidak masalah buat saya karena saya tidak terlalu butuh dengan barang-barang yg sudah saya pilih.

2. Kerja keras dalam bidang saya

Saya akan extra kerja kerasa dalam bidang saya untuk mendapatkan banyak penghasilan, saya mencari penghasilan melalui internet, menjadi blogger dan video maker.

3. Jangan sering keluar

Saya tidak akan keluar rumah yang mengeluarkan biaya kecuali untuk hal yang penting sekali, saya akan keluar rumah ketika saya butuh fresh pikiran dan itu gratis.

4. Jangan Hutang

ini yang harus sebisa mungkin kalian lakukan ketika tidak punya uang jangan hutang, coba cari barang-barang anda yang tidak berguna tapi bernilai tinggi untuk dijual.

5. Banyak koreksi diri

Koreksi diri, mungkin kita diuji seperti ini supaya kita sadar mungkin kita salah dan dengan keadaan seperti ini kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Itulah tulisan saya sedikit tentang ujian duit yang bisa bikin orang sakit hahaha.